Pengertian Kata Ganti Penanya dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia

Belajar Kata Ganti Penanya | Sahabar SAMPUL yang gemar membaca, kali ini kita akan meneruskan pembelajaran dari Pengertian Kata Ganti dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia, kemarin kita juga sudah membahas mengenai kata ganti orang.

Bahasa Indonesia, Kalimat, Kata Benda, Kata Bilangan, Kata Depan, Kata Ganti, Kata Ganti Orang, Kata Ganti Penanya, Kata Ganti Petunjuk, Kata Kiasan, Pengertian, Taukah Anda, Video

Kata ganti orang yang memiliki pembagian kata ganti orang pertama hingga kata ganti orang ketiga, serta memberikan penjelasan yang bersifat tunggal dan jamak. Sekarang kita akan meneruskan penjelasan mengenai kata ganti yaitu kata ganti penanya. Silahkan simak penjelasannya dengan baik ya sahabat.

Pengertian kata ganti penanya adalah kata ganti yang memiliki fungsi menanyakan suatu benda, waktu, tempat atau keadaan. Kata ganti penanya ini beda penjelasannya dengan kata ganti orang. Kalau kata ganti orang yang bisa dinyatakan dengan tunggal atau jamak sedangkan kata ganti penanya yaitu;

1. Kata ganti penanya benda
2. Kata ganti penanya waktu
3. Kata ganti penanya tempat
4. Kata ganti penanya keadaan

Dalam kata ganti penanya yang harus kita ingat adalah yang memiliki fugsi sebagai penanya, dengan keterangan benda, waktu, tempat, dan keadaan. Penjelasannya sebagai berukut.


1. Kata ganti penanya benda
Penjelasannya; kata ganti penanya yang memiliki fungsi menyatakan benda.
Contohnya; apa, siapa, mana, yang mana.

2. Kata ganti penanya waktu
Penjelasannya; kata ganti pananya yang memiliki fungsi menyatakan waktu
Contohnya; bila, bilamana, apabila, kapan.

3. Kata ganti penanya tempat
Penjelasannya; kata ganti penanya yang memiliki fungsi yang menyatakan tempat
Contohnya; dimana, kemana, darimana

4. Kata ganti penanya keadaan
Penjelasannya; kata ganti penanya yang memiliki fungsi yang menyatakan keadaan
Contohnya; berapa. bagaimana, mengapa

Nah, bagaimana sahabat [ Baca juga Pengertian Kata Ganti dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia] sangat mudah dipahami kan ?, bagi sahabat yang ingin menambahkan atau memberikan ilmu kepada teman - teman yang lainsh silahkan share disini.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Kata Ganti Penanya dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia"