Pengertian Kata Bilangan dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia

Belajar Kata Bilangan | Sahabat SAMPUL yang gemar membaca, pelajaran kali ini akan membahas mengenai Kata Bilangan, apakah sahabat pernah mendengar pelajaran ini ?, benar sekali ! dalam belajar bahasa indonesia dan sedang duduk di bangku kuliah dasar.

Bahasa Indonesia, Kalimat, Kata Benda, Kata Bilangan, Kata Depan, Kata Ganti, Kata Ganti Orang, Kata Kiasan, Pengertian, Taukah Anda, Video 

Bagi sahabat SAMPUL yang masih duduk di bangku sekolah dasar simal pelajaran kata bilangan yang akan dibahas di sini, akan tetapi bagi yang sudah menyelesaikan sekolah dasar maka, sebagai pengingat saja bahwasannya juga belajar kata bilangan.

Baik langsung saja kita membahas mengenai kata bilangan dalam belajar bahasa indonesia. Pengertian numeralia atau kata bilangan adalah kata yang menyatakan jumlah benda atau urutannya dalam suatu deretan. Kata bilangan dapat dibagi menjadi dua jenis: kata bilangan tentu (takrif), misalnya satu, setengah, ketujuh; serta kata bilangan tak tentu, misalnya beberapa, seluruh, banyak. ( Wikipedia ).

Dalam pembahasan kata bilangan tersebut diketahui bahwa kata bilangan dapat dibagi menjadi 3 bagian yang menyatakan pokok, dan 1 yang menyatakan kata bilangan pelengkap ( pembantu );

1. Kata Bilangan Utama
2. Kata Bilangan  Tingakat
3. Kata Bilangan Tak Tentu, dan
4. Kata Bantu Bilangan

Mari kita membahas hal tersebut secara satu persatu agar para sahabat SAMPUL bisa mengerti dengan baik, silahkan simak pengertian beserta contohnya dibawah ini; 

1. Kata Bilangan Utama
Yang pertama kita membahas pengertian beserta contoh kata bilangan utama, pengertian dari kata bilangan utama yaitu merupakan kata bilangan yang menyeatakan suatuan jumlah angka, contohnya; satu, dua, tiga, empat, sebelas, dua puluh lilma, lima puluh, seratus, seratus ribu, dan satu juta.

2. Kata Bilangan Tingkat
Yang kedua kita membahas pengertian beserta contoh kata bilangan tingkat, pengertian dari kata bilangan tingkat yaitu merupakan kata bilangan yang menunjukkan susunan atau tingkatan sesuatu, contohnya; kesatu, kedua, ketiga, keenam keduapuluhlima, keseratus, dan keseribu.

3. Kata Bilangan Tak Tentu
Yang selanjutnya kita membahas pengertian beserta cotoh kata bilangan tak tentu, pengertian dari kata bilangan tak tentu yaitu merupakan kata bilangan yang menyatakan jumlah dari sesuatu yang relatif dan satua hitungnya tidak tentu, contohnya; semua, sebagian, banyak, sedikit, seluruhnya, sekantor, sekelompok dan segerombolan.

4. Kata Bantu Bilangan
Dan yang teakhir kita membahas pengertian beserta contoh kata bantu bilangan, pengertian dari kata bantu bilangan yaitu merupakan kata bilangan pelengkap, membantu suatu bntuk satuan dari dari sesuatu objeknya, contohnya; sehelai, sekerat, secarik, sepotong sekali, seebutir, sepucuk, dan sebuah. 

Bagaimana sudah jelas kan ?, nah itu, tadi yang bisa disampaikan untuk pembelajaran sahabat SAMPUL semua untuk menambah ilmu pengetahuannya dalam bahasa indonesia, bila para sahabat ingin mengetahui pembelajaran selanjutnya silahkan kunjugi terus informasniya disini.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Kata Bilangan dan Penjelasannya Dalam Bahasa Indonesia"